Bengkulu (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, terpaksa menunda pemungutan suara ulang pemilihan bupati dari jadwal semula Januari informasi beasiswa gratis 2010 menjadi April informasi beasiswa gratis 2010 karena anggarannya belum tersedia. "Kami sudah menyurati Mahkamah Konstitusi (MK) tentang penundaan ini dengan dasar anggarannya tidak tersedia di APBD perubahan Bengkulu Selatan pada tahun 2010," kata anggota KPU Bengkulu Selatan Zainan Sagiman di Bengkulu, Kamis.

Saat menghadiri rapat pleno terbuka KPU Provinsi Bengkulu tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah informasi beasiswa gratis 2010 di Bengkulu, ia menjelaskan, penyelenggaraan pemungutan suara masih menunggu pengesahan APBD informasi beasiswa gratis 2010 oleh DPRD setempat.

Ia mengatakan, pemungutan suara ulang sesuai dengan keputusan MK yang membatalkan Pilkada Bengkulu Selatan pada 2008 menyebutkan bahwa pemungutan suara ulang harus dilaksanakan sebelum 8 Januari 2010.

MK membatalkan kemenangan pasangan Dirwan Mahmud dan Hartawan karena tersangkut kasus pidana.

"Otomatis akan ada pemungutan suara ulang, bukan Pilkada ulang," tambahnya.

Anda mungkin tidak mempertimbangkan segala sesuatu yang baru saja Anda baca untuk menjadi informasi penting tentang berita. Tapi jangan kaget jika Anda menemukan diri Anda sendiri mengingat dan menggunakan informasi ini dalam beberapa hari mendatang.

Pemungutan suara ulang tersebut membutuhkan dana lebih dari Rp7 miliar, karena kegiatannya berbeda dengan pilkada ulang.

Dalam pemungutan suara ulang tersebut kegiatan kampanye dan verifikasi data pemilih tidak lagi dilakukan KPU.

"Jadi kami menggunakan mata pilih daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada putaran kedua sekitar 113.000 orang ," katanya.

Jika pemungutan suara tersebut berlangsung dua putaran maka putaran kedua akan digelar pada Mei 2010.

Sesuai dengan keputusan MK, Pilkada Bengkulu Selatan harus diulang dengan mengikutsertakan tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati lainnya.

Tujuh pasang calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di pilkada ulang Bengkulu Selatan yaitu pasangan Bastari Uswandri-Mirin, dan pasangan Hasmadi Hamid-Parial.

Lalu pasangan Ramlan Saim-Rico Diansari, pasangan Ismilianto-Tahirudin, pasangan Suhirman Majid-Isurman, pasangan Saaludin-Lesman Hawardi dan pasangan Reskan Efendi-Rohidin Mersyah.
(*)