uangzhou, China (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sedikitnya lima orang tewas dan tiga orang lagi cedera akibat ledakan di sebuah pabrik di Provinsi Guangdong, China selatan, kata beberapa sumber, Jumat. Ledakan itu terjadi pada Kamis pukul 17:10 waktu setempat di pabrik Zhenbang Metalwork Co., Ltd, kota Zhongshan, ketika para teknisi dan karyawan sedang berkerja memasang dan menguji coba peralatan semprotan cat.

Tiga korban tewas di tempat, sementara dua orang lagi meninggal di rumah sakit.

Adapun tiga korban cedera telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Zhongshan.

Sekarang kita telah membahas aspek-aspek dari berita, mari kita berpaling pada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Otoritas Urusan Keamanan Kerja mengatakan ledakan itu terjadi ketika peralatan itu diuji coba dengan gas yang mudah terbakar. Namun sebab-sebab insiden ledakan tersebut sedang diselidiki.

Tragedi ini menunjukkan buruknya faktor keselamatan dan kondisi kerja di sektor tambang negara, tempat ratusan pekerja tambang dilaporkan tewas setiap tahunnya akibat kecelakaan.

Bulan lalu, ledakan gas serupa terjadi di tambang batubara Hegang di China timurlaut, menewaskan 106 orang.

Para keluarga korban yang tewas dan cedera dalam ledakan itu meminta jawaban mengenai bencana tersebut, karena para pejabat mengatakan berdasarkan penelitian awal bencana disebabkan lemahnya pengelolaan tambang.

Laporan-laporan pers mengutip Zhao Tiechui, wakil kepada badan keselamatan pekerja negara, mengatakan bahwa tambang tersebut terlalu penuh dengan pekerja dan ventilasi yang tidak memadai.(*)