Baghdad (ANTARA News) - Pasukan Irak, Senin, menangkap pemimpin kelompok gerilyawan Ansar al Islam di Baghdad, demikian keterangan pasukan AS dalam pernyataannya. "Pasukan keamanan Irak telah menangkap orang yang diduga sebagai pemimpin Ansar al Islam dan tujuh rekan kriminalnya dalam serangkaian operasi keamanan bersama yang dilakukan di Mansour dan Adhamiyah," kata pernyataan itu, yang merujuk kepada daerah di Baghdad.

Orang itu, Abu Abdullah Ash Shafil, "diduga telah menjalankan organisasi tersebut sejak permulaannya" dan "mengadakan persahabatan dengan Osama bin Laden".

Mudah-mudahan informasi yang disajikan sejauh ini telah berlaku. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan berikut ini:

Ansar al Islam dibentuk pada 2001 oleh para veteran perang Soviet di Afghanistan pada 1980-an dan memiliki markas besarnya di Kurdistan Irak, dekat perbatasan dengan Iran.

Tak lama sebelum invasi pimpinan AS di Irak pada 2003, pasukan khusus AS dan gerilyawan dari Uni Patriotik Kurdistan memerangi Ansar al Islam --yang para pejuangnya melarikan diri dari markas besar mereka.

Pada September 2003, banyak anggota Ansar al Islam membentuk kelompok fanatik yang segera menjadi terkenal, Ansar as Sunna.

Ansar as Sunna "diduga bertanggung jawab atas pembiayaan dan operasi kelompok garis keras di Eropa dan Inggris dan merupakan distributor penting propaganda ekstrim", demikian tuduhan di dalam penyataan itu.(S008/C003)